Google Danai Pengerjaan ‘Mesin Berita’ Berbasiskan AI, Jurnalis Terancam

Google Danai Pengerjaan 'Mesin Berita' Berbasiskan AI, Jurnalis Terancam

Jurnalis kemungkinan jadi salah satunya pekerjaan yang mewajibkan terdapatnya eliminasi seperti beberapa pekerjaan pabrik yang sekarang sudah tergantikan robot. Masalahnya akan ada ‘mesin pembuat berita’ yang keberadaannya disponsori faksi yang bukan bermain-main.

Digital News Initiative atau DNI, anak perusahaan Google yang lakukan permodalan di beberapa pengembangan jurnalisme digital di Eropa, menginformasikan permodalannya pada beberapa organisasi yang akan jalankan project ini. Organisasi itu salah satunya ialah RADAR, yang disebut ASosiasi Wartawan kerjasama inggris serta Irlandia, dan Urbs Media, startup yang membuat berita lokal dengan automatis berbasiskan AI. DNI memberikan permodalan pada RADAR beberapa lebih dari 800 ribu dollar. Dana ini akan dipakai untuk bikin service berita automatis, dengan satu program AI namanya NLG atau ‘natural language generation.’

Baca juga : Belum Meredup, Game Zombie Kelihatan Menjanjikan di Tahun 2020

Program ini diinginkan dapat membuat 30.000 berita per bulannya di semua jaringan portal berita lokal mulai 2018 akan datang. Semua elemen dari berita ini akan terkreasi dengan automatis: dari mulai kalimat dan kata di monitor, sampai grafik serta gambar yang berada di dalamnya. Project ini akan dengan diawali membuat basis AI yang dapat kerjakan berita dengan level ‘biasa’ dengan template yang dibikin oleh penulis asli. Berita seperti ini akan berbentuk hasil laga olahraga atau masalah bursa.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*